-->

8 Landasan Pendekatan Etika Dalam Pendidikan

Pakar Pendidikan - 8 Landasan Pendekatan Etika Dalam Pendidikan - Pendidikan memiliki beberapa landasan, dimana pendidikan bisa berlandaskan etika, estetika, kebudayan, filosofis, dan psikologis serta masih banyak lagi. nah kali ini admin akan mengulas landasan etika dimana terdapat 8 pendekatan etika dalam pendidikan menurut Djahiri (1992) berikut penjelasannya :

8 Landasan Pendekatan Etika Dalam Pendidikan


Pengertian Etika
Etika berasal dari kata “ethos” (Yunani) yang berarti adat kebiasaan, dalam istilah lain para ahli dalam bidang etika menyebutkan dengan moral.
Etika merupakan salah satu teori yang dibicarakan ketika membahas teori tentang nilai dan ilmu kesusilaan yang membahas perbuatan baik dan melakukan kebenaran. Sedangkan moral itu sendiri adalah bentuk pelaksanaannya dalam kehidupan.

Sifat Dasar Etika
Sifat etika sangat mendasar, yaitu bersifat kritis. Etika memersoalkan norma-norma yang dianggap berlaku; menyelidiki dasar-dasar norma tersebut; memersoalkan hak dari setiap lembaga seperti orang tua, sekolah, negara dan agama untuk memberi perintah atau larangan yang harus ditaati

Pendekatan etika dalam pendidikan
Djahiri (1992) mengemukakan delapan pendekatan dalam pendidikan moral, yaitu:
  1. Evocation: yaitu pendekatan agar peserta didik diberi kesempatan dan keleluasaan untuk secara bebas mengekspresikan respon afektifnya terhadap stimulus yang diterimanya.
  2. Inculcation: yaitu pendekatan agar peserta didik menerima stimulus yang diarakan menuju kondisi siap.
  3. Moral Reasoning: yaitu pendekatan agar terjadi transaksi intelektual taksonomik tinggi dalam mencari pemecahan suatu masalah.
  4. Value Clarification: yaitu pendekatan melalui stimulus terarah agar siswa diajak mencari kejelasan isi pesan keharusan nilai moral.
  5. Value Analysis: yaitu pendekatan yang dilakukan agar peserta didik diransang untuk melakukan analisis nilai moral.
  6. Moral Awarness: yaitu pendekatan agar peserta didik diransang menerima stimulus dan dibangkitkan kesadarannya akan nilai tertentu.
  7. Commitment Approach: yaitu pendekatan agar siswa sejak awal diajak menyepakati adanya suatu pola pikir dalam proses pendidikan nilai.
  8. Union Approach: yaitu pendekatan agar peserta didik diarahkan untuk melaksanakan secara riil dalam suatu kehidupan.
demikian artikel ini semoga bermanfaat buat pakarnis sekalian..jangan lupa dishare yaa..
Facebook Comments

1 komentar:

masih banyak belum termaktub

Balas