-->

Pandangan Filsafat Ada Menurut Paramenidesa

baik kali ini admin akan membagikan ulasan mengenai pandangan salah seorang filsuf terkenal, dimana paramenidesa akan mengulas tuntas tentang sebuah ulasan filsafat yang biasa dikenal sebagai filsafat ada, nah berikut ulasannya :
Paramenidesa

Kehidupan Paramenidesa - (570-475 SM) dengan filsafatnya yang sering disebut filsafat ada, merupakan kebalikan dari filsafat menjadi herecleitos. Paraminedesa mengatakan bahwa pengetahuan ada dua macam, yaitu pengetahuan semu yang diperoleh dengan indera dan pengetahuan yang sebenarnya yang diperoleh dengan budi. 

pengetahuan semu itu keliru, karena berdasarkan atas peralihan (gerak, menjadi) dan berdasarkan atas keinderaan yang tidak dapat dipercaya. karena itu, hanya pengetahuan yang tetap dan umum ini sajalah (pengetahuan budi) yang dapat dipercayai, karena pengetahuan budi itu adalah benar. kalau sesuatu itu benar maka sesuailah dengan realitas. realitas bukanlah yang berubah dan bergerak serat beralih, melainkan tetap. realitas bukanlah menjadi melainkan ada.

selanjutnya, paramenidesa mengatakan bahwa diluar ada tentu hanya tidak ada, tidak ada ini tidak mungkin kita kenal dan ketahui,. Hanya adalah yang dapat dipahami. ada dan berpikir itu sama dan hanya ada satu macam ada. kalau ada itu satu, maka ia tidak berawal dan tidak berakhir, tidak berpangka dan tidak pula berujung, dan ada itu tidak terbagi-bagi. paramenidesa sangat mengutamakan pengetahuan budi, sehingga ia mengabaikan indera sama sekali. pengetahuan indera dianggap keliru belaka, dan tidak mampu mencapai kebenaran.

demikian artikel ini semoga bermanfaat buat para pecinta ilmu filsafat.
Facebook Comments

0 komentar