-->

9 Rahasia Cara Merawat Motor Ketika Musim Hujan Tiba

9 Rahasia Cara Merawat Motor Ketika Musim Hujan Tiba - Baik kali ini admin akan membagikan Rahasia dari admin dalam melakukan perawatan motor ketika musim hujan tiba sekiranya ini bisa menjadi pertimbangan buat pakarnis sekalian agar motor nya selamat dari kerasnya musim hujan berikut sembilan cara menurut admin :

9 Rahasia Cara Merawat Motor Ketika Musim Hujan Tiba

 
1.Mencuci Motor.Setelah motor digunakan di tengah guyuran hujan,ada baiknya kita mencuci motor kita. Meskipun tidak bisa punya banyak waktu, sebaiknya kita menyempatkan untuk mencuci motor kita Meskipun hanya mengguyur seluruh bodi serta bagian-bagian penting lainnya.
selain motor tetap terlihat bersih serta mengkilap hal ini juga bisa untuk menghindari motor kita terkena karat.

2.Rantai Motor.Bagian lain dari motor yang amat bermasalah setelah digunakan di tengah guyuran hujan adalah rantai.Apabila parahnya motor yang yang kita kendarai tidak menggunakan tutup rantai. Air hujan yang bersifat asam amat memicu terjadinya karat pada rantai motor kita.setelah membersihkan lubang yang tertutup genangan air hujan, rantai juga akan kendur.sebab itu, kencangkan kembali setelan rantai tidak sesuai dengan standar.diusahakan juga untuk melumasi rantai motor dengan pelumas rantai apabila sudah hilang pelumasnya.

3.Cakram rem.Cakram rem terbuat dari bahan asbes. Bahan tersebut apabila banyak terkena air akan menggelembung serta mengeras pada saat kering.Akibatnya, rem terasa keras pada saat pedal rem diinjak maupun bahkan muncul suara mendecit maupun suara keras.sebaiknya, setelah motor dicuci serta dibersihkan, jalankan motor serta sering-sering menginjak pedal rem supaya kanvas benar-benar kering.Begitu pun dengan rem cakram di roda depan. Rem cakram bersifat amat terbuka. Padahal saat dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran menempel pada kanvas rem maupun piston.

4.Ban.Setelah menerobos genangan air hujan, sebaiknya kita untuk memeriksa tekanan air ban. Pastikan besaran tekanan itu sesuai dengan standar.Ban yang tekanan anginnya kurang dari standar, amat rentan cepat aus. Pasalnya, dengan tekanan kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan lebih banyak.Selain menjaga tekanan angin, sebaiknya juga membersihkan ban. Sikat bagian telapak serta dinding samping ban. Hal ini selain untuk menghilangkan unsur asam yang ada di air hujan, juga unsur lain seperti lumpur maupun kotoran yang menempel di ban.Beberapa kotoran seperti bekas deterjen, oli, minyak tanah, bensin, yang sebelumnya tumpah di jalan bisa terbawa maupun berada di genangan air hujan. Unsur-unsur yang ada di zat itu memicu karet ban cepat getas.

5.Knalpot. Pada umumnya, bagian dalam knalpot serta leher knalpot akan keropos bila banyak kotoran menempel di bagian itu. Terlebih bila kotoran tersebut bercampur dengan air hujan.Oleh sebab itu, bila motor telah melibas genangan air hujan maupun banjir serta air hujan masuk knalpot, sebaiknya air dikeluarkan. Setelah motor dicuci bersih, panasi mesin. Setelah itu, semprotkan oli ke dalam bagian knalpot serta olisi bagian leher knalpot dengan grease. Kemudian panasi lagi mesin motor sekitar 5 menit.

6.Busi.Setelah motor selesai digunakan, sebaiknya kita mencabut cop maupun karet penutup busi kemudian tiup serta lap dengan air bersih. Begitu pula dengan kabel busi serta businya.

7.Kotak saringan udara.Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. Bila peranti ini basah sebab air hujan masuk maupun merembes ke dalamnya, maka udara akan bercampur embun.

8.Kabel Body.Hindari kabel body serta socketnya dari air sebab bisa mengakibatkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan.Mudah - mudahan hal di atas bisa diperhatikan, sehingga umur sepeda motor kita bisa bertambah lama.

9.Jari-jari roda.Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. Bila tidak, jari-jari pada velg motor akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.
 
demikian artikel ini semoga bermanfaat buat seluruh pakarnis dan motornya tetap terjaga.
Facebook Comments

0 komentar