-->

Pendidikan berlandaskan sosiologi



                                            Latar belakang Historis Sosiologi pendidikan
Diindonesia perhatian akan peran pendidikan dalam pengembangan masyarakat khususnya melalui pendidikan persekolahan dimulai sekitar 1900 saat indonesia masih dijajah belanda. Para pendukung politik etis negeri belanda saat itu melihat adanya keterpurukan kehidupan indonesia. Khususnya dijawa, padahal kaum penjajah justru hidup berlimpah kemakmuran oleh karenanya, mereka mendesak agar pemerintahan jajahan melalukakn politik balas budi untuk memerangi ketidkadilan melalui edukasi, irigasi dan emigrasi.
           Dalam perkembangan selanjutnya sejalan dengan perkembangan fokus perhatian dan toeri sosiologi dewasa ini, terjadilah perubahan dalam nuansa sosiologi pendidikan kerah yang lebih memperhatikan kepentingan warga masyrakat kurang mampu.
2.      Status Keilmuan dan Ruang Lingkup
Sosiologi pendidikan merupakan wilayah pertemuan aantara sosiologi dan ilmu pendidikan. Ilmu ini melakukan analisis sosiologis mengenai struktur dan interaksi sosial yang berlangsung didunia pendidikan sebagai suatu pranata kehidupan dan mengkaji hubungan antara pranata pendidikan dengan pranata kehidupan lain.
           Selain itu para ahli sosiologi dan ahli pendidikan sepakat bahwa sesuai dengan namanya, sosiologi pendidikan adalah cabang ilmu sosiologi yang pengkajianya diperlukan oleh profesional dibidang pendidikandan para mahasiswa serta profesional sosiologi. Oleh karena itu, dilingkunagn perguruan tinggi, perkuliahan sosiologi diselenggarakan untuk dan diikuti oleh mahasiswa dari kedua jurusan itu.
3.      Tujuan dan Ruang Lingkup
Sebagaimana ilmu pengetahuan pada umumnya, sosilogi pendidikan dituntut melakukan tiga fungsi pokok. Pertama fungsi eksplanasi yaitu menjelaskan atau memeberikan pemahaman tentang fenomena yang termaksud kedalam ruang lingkup pembahasannya, kedua fungsi prediksi yaitu meramalkan kondisi dan permasalahn pendidikan yang diperkirakan akan muncul pada masa yang akan datang. Sebagaimana yang diperkirakan yang akan muncul pada masa yang akan datang. Ketiga fungsi utilisasi yaitu, menangani permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat seperti masalah lapangan kerja dan pengganguran konflis sosial kerusakan lingkungan dan lain-lain yang memerlukan dukungan pendidikan, dan maslaah penyelenggaraan pendidikan sendiri.
4.      Pokok dan sumber kajian sosiologi pendidikan
Sosiologi pendidikan menfokuskan perhatian pada peran dan kontribusi pendidikan dalam memecahkan berbagai masalah sosial dengan ruang lingkup kajian yang lebih luas mencakup seluruh aspek sosiologis pendidikan yaitu hubungan dan saling pengaruh antara pendidikan dengan kehidupan masyarakat.
Facebook Comments

0 komentar