Pendidikan berlandaskan sosiologi
Latar
belakang Historis Sosiologi pendidikan
Diindonesia perhatian
akan peran pendidikan dalam pengembangan masyarakat khususnya melalui
pendidikan persekolahan dimulai sekitar 1900 saat indonesia masih dijajah
belanda. Para pendukung politik etis negeri belanda saat itu melihat adanya
keterpurukan kehidupan indonesia. Khususnya dijawa, padahal kaum penjajah justru
hidup berlimpah kemakmuran oleh karenanya, mereka mendesak agar pemerintahan
jajahan melalukakn politik balas budi untuk memerangi ketidkadilan melalui
edukasi, irigasi dan emigrasi.
Dalam perkembangan selanjutnya sejalan dengan perkembangan
fokus perhatian dan toeri sosiologi dewasa ini, terjadilah perubahan dalam
nuansa sosiologi pendidikan kerah yang lebih memperhatikan kepentingan warga
masyrakat kurang mampu.
2. Status
Keilmuan dan Ruang Lingkup
Sosiologi pendidikan
merupakan wilayah pertemuan aantara sosiologi dan ilmu pendidikan. Ilmu ini
melakukan analisis sosiologis mengenai struktur dan interaksi sosial yang
berlangsung didunia pendidikan sebagai suatu pranata kehidupan dan mengkaji
hubungan antara pranata pendidikan dengan pranata kehidupan lain.
Selain itu para ahli sosiologi dan ahli pendidikan sepakat
bahwa sesuai dengan namanya, sosiologi pendidikan adalah cabang ilmu sosiologi
yang pengkajianya diperlukan oleh profesional dibidang pendidikandan para
mahasiswa serta profesional sosiologi. Oleh karena itu, dilingkunagn perguruan
tinggi, perkuliahan sosiologi diselenggarakan untuk dan diikuti oleh mahasiswa
dari kedua jurusan itu.
3. Tujuan
dan Ruang Lingkup
Sebagaimana ilmu
pengetahuan pada umumnya, sosilogi pendidikan dituntut melakukan tiga fungsi
pokok. Pertama fungsi eksplanasi yaitu menjelaskan atau memeberikan pemahaman
tentang fenomena yang termaksud kedalam ruang lingkup pembahasannya, kedua
fungsi prediksi yaitu meramalkan kondisi dan permasalahn pendidikan yang
diperkirakan akan muncul pada masa yang akan datang. Sebagaimana yang
diperkirakan yang akan muncul pada masa yang akan datang. Ketiga fungsi
utilisasi yaitu, menangani permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan
masyarakat seperti masalah lapangan kerja dan pengganguran konflis sosial
kerusakan lingkungan dan lain-lain yang memerlukan dukungan pendidikan, dan
maslaah penyelenggaraan pendidikan sendiri.
4. Pokok
dan sumber kajian sosiologi pendidikan
Sosiologi pendidikan menfokuskan
perhatian pada peran dan kontribusi pendidikan dalam memecahkan berbagai
masalah sosial dengan ruang lingkup kajian yang lebih luas mencakup seluruh
aspek sosiologis pendidikan yaitu hubungan dan saling pengaruh antara
pendidikan dengan kehidupan masyarakat.