-->

4 Macam Skala Pengukuran dalam Penelitian

Pakar Penelitian - 4 Macam skala pengukuran dalam penelitian,  Pada dasarnya skala dalam pengukuran itu sendiri terbagi atas 4 macam skala, yaitu skala nominal, skala interval, skala ordinal dan skala ratio. Keempat merupakan skala yang biasa digunakan dalam penelitian dan kumpulan dari macam-macam skala ini biasa disebut sebagai skala likert.


4 Macam Skala Pengukuran dalam Penelitian

Berikut 4 Macam Skala Pengukuran dalam Penelitian

Skala Nominal
Skala nominal adalah pengukuran yang dilakukan untuk membedakan memberikan kategori, memberi nama, atau menghitung fakta‐fakta. Skala nominal akan menghasilkan data nominal atau diskrit, yaitu data yang diperoleh dari pengkategorian, pemberian nama, atau penghitungan fakta‐fakta.
      Contoh:  

  1. Berdasarkan kategori, misalnya responden dibagi berdasarkan jenis kelamin pria dan wanita.
  2. Berdasarkan nama, misalnya dari penenlitian mengenai minibus di Medan ditemukan data bus menurut jalur/trayek dan diberi nama jalur 1, jalur2, jalur 3, dan seterusnya.
  3. Berdasarkan data hitung, misalnya dari data PDB suatu negara ditemukan pangsa sektor pertanian sebesar 52%, sektor manufaktur sebesar 38%, dan sektor jasa sebesar 10%.

Skala Ordinal
Skala Ordinal Tidak hanya membedakan kategori dan nama pada skala nominal, pada skala ordinal kategori‐kategori ini kemudian diberi urutan yang berjenjang. 
     Contoh: 
Predikat kelulusan mahasiswa: 

  1. Dengan pujian IPK <3,51
  2. Sangat memuaskan IPK 3,00-3,50
  3. Memuaskan IPK 2,50-2,99
  4. Cukup memuaskan IPK 2,00-2,49


Skala Interval
Pada skala interval perbedaan antara satu kategori dengan kategori yang lain dapat kita ketahui. Skala interval tidak memiliki nilai nol absolut.
Contohnya: pada temperatur, nilai 0 derajat celcius tidak berarti bahwa tidak ada temperatur, nol derajat celsius berarti titik beku air dan merupaka suatu nilai. Pada skala interval ini kita juga dapat mengatakan bahwa suhu 100 derajat celsius berati lebih panas dua kali lipat dari suhu 50 derajat celsius.

Skala Rasio
Hampir sama dengan skala interval, hanya saja pada skala rasio nilai nol tidak mempunyai nilai dan tidak berarti apa‐apa. Misalnya : data jumlah persediaan barang menunjukkan angka 0 (nol) ini berarti pada tidak terdapat barang persediaan sama sekali.

Demikian artikel tentang 4 macam skala pengukuran dalam penelitian semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian.

This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Newest Post