-->

Contoh Inovasi Pendidikan Terbaru 2016

Pakar Pendidikan - Contoh Inovasi Pendidikan, inovasi pendidikan menurut para pakar adalah inovasi yang berfungsi untuk memecahkan masalah atau inovasi pada bidang pendidikan. Inovasi sendiri adalah hal baru atau pengembangan dari sesuatu yang sudah menjadi lebih baru,sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.[1] Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.(wikipedia,2016) 

Jadi dapat disimpulkan bahwa inovasi pendidikan adalah suatu gagasan atau ide , metode, hal yang baru dirasakan oleh masyarakat (kelompok orang) sebagai hal yang baru, baik berupa penemuan baru maupun pengembangan dari penemuan yang sudah ada.

Berikut Contoh Pelaksanaan Inovasi Pendidikan :

Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP)
PSPP telah ada sejak tahun 1971 dimana awal dari proyek ini adalah mencoba membentuk sistem persekolahan komprehensif  dengan nama sekolah pembangunan. Proyek ini sendiri belum berjalan lama setelah dilakukan penelitian studi kelayakan dimana dari hasil penelitiannya didapat bahwa perlu pengembangan lagi melalui proses penelitian dan percobaan

Contoh Inovasi Pendidikan Terbaru 2016


Pengajaran dengan Sistem Modul 
Modul sendiri merupakan pengajaran mengenai suatu satuan bahasa yang disusun  secara sistematis, operasional, dan terarah untuk digunakan oleh anak didik. Contoh dari bentuk dari adanya sistem modul adalah Lembar kerja siswa, kunci lembaran kerja, lembaran tes dan masih banyak jenis lainnya.

SMA Terbuka dan Universitas Terbuka (UT)
Terselenggaranya SMP Terbuka ini diawali dari pemikiran untuk menampung anak-anak lulusan SD yang tidak tertampung di SMP biasa. begitu pula dengan didirikan universitas terbuka dalam meningkatkan daya tampung dalam lingkup perguruan tinggi. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN)
KKN adalah salah satu bentuk pengintregasian antara pengabdian pada masyarakat dengan pendidikan dan penelitian, yang terutama oleh mahasiswa dengan bimbingan perguruan tinggi dan pemerintah daerah, dilaksanakan secara interdisipliner dan intrakulikuler.

Inovasi Kurikulum 
Hingga saat ini, sudah banyak sekali inovasi pendidikan yang dilakukan dengan menggantu kurikulum sebagai acuan pendidikan diindonesia, berikut beberapa kurikulum yang pernah berlaku diindonesia :
  1. Proyek Pamong 
  2. Inovasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
  3. Inovasi kurikulum berbasis masyarakat (KBM)
  4. Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan 


Inovasi Pembelajaran 
  1. Inovasi Pembelajaran kuantum
  2. Inovasi pembelajaran kompetensi
  3. Inovasi pembelajaran kontekstual
  4. Inovasi Pembelajaran melalui teknologi informasi
Demikian contoh inovasi pendidikan semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian.
Facebook Comments

0 komentar