-->

10 Negara Tingkat Kemujuan Tinggi Masuk Kategori Terkorup Di Dunia | Pendapat Pakar

Pendapat Pakar – 10 Negara Tingkat Kemujuan Tinggi  Masuk Kategori Terkorup Di Dunia Menjadi sebuah persoalan diberbagai Negara jika kita berbicara tentang KORUPSI. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh berbagai Negara berkembang di dunia yaitu persoalan korupsi. Tidak hanya itu dewasa ini, beberapa Negara yang sudah mencapai taraf sebagai Negara besar didunia atau biasa disebut sebagai Negara maju, masih sering mengalami hal serupa, sehingga hukuman yang diberikan oleh Negara terhadap salah satu kejahatan ini bukan hukuman yang biasa-biasa saja namun bisa berakhir pada hukuman mati. Seperti dibeberapa Negara yang ada didunia bahwa hukuman korupsi di beberapa Negara memang sudah ada yang menerapkan hingga dijatuhi hukuman mati. Nah berikut 10 negara dengan tingkak korupsi tertinggi di dunia :

10 Negara Tingkat Kemujuan Tinggi  Masuk Kategori Terkorup Di Dunia | Pendapat Pakar

1. Meksiko

Negara ini didaulat sebagai anggota OECD paling korup dengan nilai hanya 35. Hal ini tak mengejutkan karena Meksiko menjadi jantung aliran perdagangan narkotika dari Amerika Latin ke Amerika Serikat.

Bahkan, salah seorang bandar narkoba ternama, Joaquin "El Chapo" Guzman, bisa dua kali lolos dari penjara karena memberi uang suap sangat besar pada pengelola penjara.

2. Turki

Negara ini menjadi yang paling korup di Eropa dengan hanya meraup nilai 42 dari 100 angka. Pada 2013, negeri itu diguncang skandal korupsi, suap, dan pencucian uang yang melibatkan direktur bank sentral dan sejumlah pengusaha.

3. Italia

Tindak pidana korupsi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di kawasan eurozone itu kerap diasosiasikan dengan mantan PM Silvio Berlusconi.

Berlusconi sendiri akhirnya terbukti menggelapkan pajak pada 2013 dan menyuap seorang senator pada 2015.

4. Yunani

Angka korupsi di Yunani sudah menurun sejak pergelaran survei tahun lalu. Namun, praktik "fakelaki" atau menyuap demi layanan lebih baik masih marak dilakukan warga negeri itu.

5. Slowakia

Salah satu skandal keuangan terbesar di negeri ini disebut dengan nama "Skandal Gorila" di mana para pebisnis memberi suap besar untuk mengamankan berbagai kontrak proyek mereka.

6. Hongaria

Pencapaian Hongaria dalam hal memberantas korupsi menurun. Praktik memberi suap untuk para dokter dan ahli bedah masih marak di negeri itu. Sebanyak 92 persen warga Hongaria masih menganggap hal itu adalah sebuah kewajaran.

7. Korea Selatan

Korupsi adalah masalah besar di Negeri Ginseng sepanjang tahun lalu yang diwarnai lengsernya PM Lee Wan-koo pada April 2015.

Lee mundur karena dituduh menerima suap setelah seorang pebisnis menyebut hal tersebut dalam surat bunuh dirinya.

8. Ceko

Dalam Indeks Persepsi Korupsi terbaru, Ceko mendapatkan nilai 56, naik dari 51 pada tahun lalu. Hal ini menunjukkan akhir dari skandal korupsi politik pada 2013 yang berujung pengunduran diri PM Petr Necas.

9. Spanyol

Sebelum terpilih kembali, PM Mariano Rajoy dituding para pesaingnya telah melakukan korupsi.

Bahkan, pekan ini sebuah skandal mengguncang Partai Popular yang berkuasa saat 24 orang ditahan karena diduga menerima suap.

10. Slovenia

Telah terjadi beberapa skandal suap tingkat tinggi di negeri pecahan Yugoslavia ini dalam beberapa tahun terakhir.

Misalnya, pada 2013 dan 2014, ketika rakyat memprotes PM Janez Jansa dan pemimpin oposisi Zoran Jankovic karena dianggap lalai dalam mengumumkan harta kekayaan mereka.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan wawasan buat kita semua, bahwa yang namanya korupsi tidak hanya merusak dari pada bangsa secara fisik namun dapat juga merusak moral dari pada suatu bangsa.
Facebook Comments

0 komentar