-->

Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa | Pendapat Pakar

Pendapat Pakar - Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa, Selamat Pagi pakarnis sekalian kali ini admin akan mengulas persoalan psikologi pendidikan. Dimana untuk mencari sebuah skor yang terstandarisasi, skor tersebut diperoleh dengan membandingkan performa seorang siswa dengan performa siswa-siswa diberbagai tingkat kelas atau tingkat usia, perbandingan ini memberi kita skor persentil atau skor standar. nah berikut perbedaan antara sebuah skor acuan norma, skor acuan kriteria, skor mentah, peringkat persentil dan skor setara kelas atau usia. Selain itu juga dibahas metode untuk menentukan skor, kegunaan dan kelemhan dari Jenis skor tersebut berikut pembahasannya :

Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa | Pendapat Pakar




Jenis skor
Metode untuk menentukan skor
Kegunaan
Kelemahan Potensial
Skor mentah
Menghitung angka (atau menghitung persentase) jawaban yang benar atau poin yang diperoleh
Sering digunakan dalam instrumen asesmen yang dikembangkan oleh guru
Skor mungkin sulit diintrepetasikan tanpa pengetahuan tentang bagaimana performa berkaitan dengan kriteria atau kelompok norma tertentu
Skor Acuan Kriteria
Membandingkan performa dengan satu atau beberapa kriteria atau standar keberhasilan
Berguna ketika menentukan apakah sasaran pengajaran atau standar tertentu telah tercapai
Kriteria konkret untuk menilai penguasaan keterampilan yang kompleks kadang sulit diidentifikasi
Skor setara kelas atau usia (acuan norma)
Menyamakan performa seorang siswa dengan rata-rata performa para siswa dikelas atau tingkat usia tertentu
Berguna ketika menjelaskan performa tes acuan norma kepada orang-orang yang tidak akrab dengan skor standar
Skor sering salah ditafsirkan (khususnya oleh orang tua), mungkin digunakan secara salah sebagai standar yang harus dipenuhi oleh semua siswa, dan sering tidak dapat diterapkan ketika prestasi dinilai pada masa remaja atau masa dewasa
Peringkat persentil
Menentukan presentase siswa ditingkat usia atau kelas yang sama yang memperoleh skor sama atau lebih rendah
Berguna ketika menjelaskan performa tes acuan norma kepada orang-orang yang tidak akrab dengan skor standar
Skor mengestimasi terlalu berlebihan perbedaan di dekat rata-rata dan meremahkan perbedaan dikedua ujung.
Skor standar (acuan norma)
Menentukan seberapa jauh performa dari rata-rata (untuk tingkat usia atau kelas) dalam kerangka unit deviasi standar
Berguna ketika menjelaskan posisi seorang siswa dalam kelompok norma
Skor tidak muda dipahami oleh orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang statistik



Demikian artikel tentang Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa semoga bermanfaat
Facebook Comments

0 komentar