-->

5 Langkah Penyusunan Instrumen Menurut Pakar || Penelitian

Pendapat Pakar, 5 Langkah Penyusunan Instrumen Menurut Pakar - Selamat Sore Pakarnis sekalian kali ini admin akan mengulas persoalan penting dalam sebuah penelitian. salahs satu yang menjadi aspek penting dalam sebuah penelitian adalah baiknya penyusunan instrumen, dimana kita ketahui bahwa instrumen merupakan alat ukur yang digunakan oleh seorang peneliti untuk mendapatkan data dari penelitian yang akan dilakukan. oleh sebeb itu, penyusunan instrumen tidaklah dilakukan dengan mudahnya, ada kemudian tahap-tahap dalam proses penyusunan sebuah instrumen. nah berikut pendapat dari salah seorang pakar.

5 Langkah Penyusunan Instrumen Menurut Pakar || Penelitian

Ada beberapa langkah umum yang bisa ditempuh dalam menyusun instrumen penelitian menurut Teguh (2001), langkah-langkah tersebut adalah:


  1. Analisis variabel penelitian, yaitu mengkaji variabel menjadi sub penelitian sehingga indikatornya dapat diukur dan menghasilkan data yang akurat. Membuat indikator variabel, peneliti dapat menggunakan teori ataupun konsep pengetahuan ilmiah yang relevan dengan variabel tersebut, atau dengan menggunakan fakta berdasarkan pengamatan secara langsung.
  2. Penetapan penggunaan jenis instrumen dalam mengukur variabel, subvariabel, ataupun indikatornya. Setiap variabel dapat diukur dengan satu atau lebih jenis instrumen.
  3. Menyusun kisi-kisi instrumen, dimana kisi-kisi tersebut berisi materi, jenis, dan banyaknya pertanyaan serta waktu yang dibutuhkan. Setiap indikator akan menghasilkan beberapa isi pertanyaan, serta abilitas yang diukur atau kemampuan yang diharapkan dari subjek penelitian.
  4. Menyusun item pertanyaan. Untuk menyusun item pertanyaan tersebut harus sesuai dengan jenis dan jumlah instrumen berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat. Selain itu, peneliti dapat membuat lebih dari jumlah pertanyaan yang ditetapakan, atau pertanyaan cadangan. Setiap item pertanyaan yang telah dibuat, jawaban atau gambaran yang diinginkan dari pertanyaan tersebut harus dibuat oleh peneliti.
  5. Revisi instrumen. Instrumen yang telah dibuat sebaiknya dilakukan uji coba guna perbaikan isi dan pembahasan, menghilangkan instrumen yang tidak sesuai atau diganti dengan instrumen yang baru.
Sekiranya itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses penyusunan sebuah instrumen...
jangan lupa dishare setelah dibaca...
Facebook Comments

0 komentar