-->

Sel Surya Penghasil Air Bersih Solusi Untuk Kebutuhan Air Bersih

Sel Surya Penghasil Air Bersih Solusi Untuk Kebutuhan Air Bersih - Memasuki musim penghujan seperti ini kebutuhan air menjadi hal yang tidak menjadi prioritas utama dalam kebutuhan kehidupan sehari-hari, namun ketika musim panas tiba kebutuhan akan air menjadi sangat utama. seperti yang terjadi beberapa waktu lalu lebih dari 100 juta orang indonesia kekurangan akses terhadap air minum bersih dan 150 juta lainnya amat potensial terancam dengan sumber air yang terkontaminasi.

Sel Surya Penghasil Air Bersih Solusi Untuk Kebutuhan Air Bersih
Sel Surya

melalui teknologi alat pemroses air minum bersih yang memanfaatkan tenaga surya, bernama F CUBED, air berkualitas tinggi pun diperoleh secara mudah serta relatif murah. Teknologi ini diperkenalkan koordinasi bertujuan mencari solusi air bersih di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta.

Pemerintah Indonesia lewat BPPT,LIPI,Kemenkokesra bekerja sama dengan perusahaan Australia yang menemukan F CUBED

F CUBED keluar dari asumsi masyrakat tentang solar cells. Karena biasanya orang berpikir tenaga matahari diubah menjadi energi listrik dlu kemudian menjadi energi untuk proses pemurnian. Sementara F CUBED tanpa menggunakan listrik.

Alat ini juga cukup sederhana, mudah diangkut, pemasangannya tak perlu listrik, dan bertahan hingga selama dua puluh tahun. Efesiensi panel surya rata-rata diats 60 %. kemampuan tenaga surya, satu unit alat per tiga meter persegi mampu menghasilkan kurang lebih 15-20 liter air dan tidak menimbulkan biaya energi lain.

oleh sebab itu alat ini kemudian memiliki potensi bagi daerah-daerah pedesaan, persawahan dan persisir serta dapat digunakan pula industri pertambangan yang rentan dengan kesulitan air bersih atau tercemari polutan tertentu.

nilai plus dari teknologi ini adalah cenderung ramah lingkungan dan bisa menekan dampak lingkungan hidup yang terjadi.

demikian artikel ini semoga bermanfaat buat pakarnis sekalian.
Facebook Comments

0 komentar