-->

Alat Deteksi Dini Atasi Longsor Mulai Dikembangkan

Alat Deteksi Dini Atasi Longsor Mulai Dikembangkan - BPPT dan LIPI kembali akan memproduksi sebuah peralatan canggih dimana alat yang akan dibuat yaitu peralatan deteksi dini longsor untuk dipasangkan pada tahun 2015 lalu dibeberapa titik yang dianggap rawan longsor.


Alat Deteksi Dini Atasi Longsor Mulai Dikembangkan

Alat deteksi ini memiliki keunggulan yang dapat dikoordinasikan oleh sejumlah instansi termaksuk BNPB. adapu biaya pemasangan alat ini menggunakan dana siap pakai dari BNPB berdasarkan rencana teknis dan rencana anggaran biaya yang diajukan dari instansi penyedia peralatan.

sistem peringatan dini yang dipasang terdiri dari beberapa subsistem, pertama survei geologi, kelembagaan dan sosial ekonomi budaya. kedua pembentukan tim siaga bencana di tingkat dusun/desa/ ketiga, penyusunan prosedur evakuasi dan keempat pembuatan peta evakuasi bersama petugas terpilih.

kelima, instalasi alat peringatan dini bersama masyarakat. keenam, gladi evakuasi. ketujuh membangun komitmen pemda dan masyarakat dalam pengoperasian dan pemeliharaan sistem.

demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian dan tetap siaga bencana.
Facebook Comments

0 komentar