-->

Keunggulan sistem pendidikan di korea selatan

Pakar Pendidikan - Keunggulan sistem pendidikan Korea Selatan - baik kali ini admin akan membagikan keunggulan dari sebuah negeri yang melahirkan produk hp samsung, ya tidak lain adalah korea selatan yang kemudian mampu menjadi salah satu negara yang menyaingi jepang dewasa ini, nag berikut kunci sukses korea mampu menjadi negara maju :


Pendidikan menjadi korea sangat maju, ini dikarenakan sumber daya manusia mereka menjadi unggul dibanding negara lainnya, nash berikut Beberapa hal yang perlu menjadi perbandingan bagi kita dalam pengelolaan pendidikan dengan Korea Selatan, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Untuk sekolah Taman Kanak-Kanak “Youchiwon” dimulai usia 3 tahun hingga 6 tahun. Siswa diperbolehkan masuk sekolah ini jika sudah mencukupi usianya. Namun, ada juga sekolah yang menerima siswa usia 2 tahun. Sekolah ini berseling sehari sekolah dan sehari tidak, hanya berdurasi beberapa jam saja dan sekolah ini hanya milik swasta. Pra sekolah ada yang milik negara dan swasta. Untuk pra sekolah swasta, pemerintah tetap membantu, mengawasi dan memperhatikan sepenuhnya terhadap pengolahan sekolah-sekolah TK ini.
  2. Hal yang sangat mempengaruhi besarnya pertumbuhan ekonomi di Korea Selatan selain investasi pemerintah dibidang pendidikan adalah kebijakan pemerintah terutama mengenai ekonomi yang mendukung tumbuhnya industri. Industri tersebut kemudian menjadi mesin ekonomi yang efektif karena perkembangannya disesuaikan dengan ketersediaan tenaga kerja yang dihasilkan oleh sistem pendidikan. Baik negeri dan swasta pra sekolah memiliki program pendidikan yang sama, yaitu lebih banyak mengajarkan kemandirian, kreatifitas, bersosialisasi dengan lingkungan dan mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari.
  3. Sebelum masuk ke Sekolah Dasar, biasanya para siswa pra sekolah akan dibawa berkunjung ke SD untuk sekedar melihat-lihat bagaimana sekolah mereka selanjutnya. Pada umumnya anak yang masuk Sekolah Dasar menerima surat pemberitahuan ijin masuk sekolah pada bulan Februari dan awal Maret. Baru setelah itu, mereka bisa mendaftar pada Sekolah Dasar.
  4. Korea sangat terobsesi dengan pendidikan. Pendidikan benar-benar ditekankan kepada siswa. Seberapa keras siswa belajar? Selama bertahun-tahun, siswa pergi ke sekolah dari jam 8 pagi sampai lewat tengah malam. Hal ini dikarenakan setelah selesai sekolah, mereka harus menghadiri pendidikan khusus untuk mencoba untuk meningkatkan kinerja akademis mereka. Mereka diprioritaskan untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk perguruan tinggi yang sangat ketat, yang banyak mendukung masa depan mereka. Di Korea, jika kita masuk sebuah universitas bergengsi, maka kita akan memperoleh kesempatan yang baik untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang baik. Seorang anak memasuki Universitas yang baik tidak hanya menjamin keadaan ekonomi individunya, tetapi juga mencerminkan reputasi orang tua anak. Dalam budaya Korea, pertimbangan yang paling penting bagi seorang pimpinan bukan kepribadian atau pengalaman kerja, melainkan di Universitas apa orang tersebut belajar. Korea memiliki tingkat kelulusan SMA 97%, ini adalah yang tertinggi tercatat di negara-negara maju. Sangat menarik untuk dicatat bahwa 80% sekolah-sekolah di Korea memperbolehkan hukuman fisik.
Demikian artikel tentang keunggulan sistem pendidikan dikorea selatan semoga bermanfaat buat seluruh pakarnis sekalian yang bercita-cita melanjutkan pendidikan kekorea selatan.
Facebook Comments

0 komentar