-->

Pendapat pakar : siapakah yang pantas menjadi evaluator

baik kali ini admin akan membahas mengenai siapakah yang bisa menjadi evaluator. mungkin para netters sekalian penasaran apakah termaksud dalam orang yang berhak untuk melakukan evaluasi atau tidak nah kali ini admin akan menjelaskan orang-orang yang berhak menjadi seoarang evaluator.

pihak yang menjadi evaluator dapat seoarang ahli atau seorang atau tim yang telah memiliki ilmu pengetahuan khusus tentang evaluasi secara komprehensif yang didapatkan baik melalui jalur pendidikan maupun bidang keahlian yang dia miliki.dilihat dari mana para evaluator berasal pada prinsipnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu
  1. evaluator internal
evaluator dikatakan sebagai evaluator internal apabila orang(guru atau dosen) yang dipercaya untuk melakukan evaluasi berasal dari dalam lembaga yang dievaluasi.para evaluator tersebut biasanya telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berkaitan dengan prinsip-prinsip evaluasi secara komprehensif. jadi siapun yang telah memiliki kemampuan dalam mengevaluasi dapat dikatakan evaluator. 

  2.evaluator eksternal 
evaluator dikatakan evaluator eksternal jika ia memilik kewenangan melakukan evaluasi berasal dari luar lembaga atau bukan staff anggota akademik (dosen atau guru) lembaga yang dievaluasi. para evaluator ini biasanya berasal dari lembaga evaluator misalnya staff badan akreditasi sekolah atau badan akreditasi kampus para evaluator ini biasanya memiliki potensi dan pengalaman dalam melakukan evaluasi.

baca juga korelasi penelitian dengan statistik
Facebook Comments

0 komentar