-->

Pendapat Pakar : 5 Defenisi tentang Filsafat Ilmu



Pengertian filsafat ilmu
  1. Koento wibisono (1985) filsafat ilmu adalah filsafat atau ilmu yang objeknya ilmu pengetahuan itu sendiri. 
  2.  Yuyun s, suriasumantri (1986) filsafat ilmu merupakan bagian dari epistimologi yang secara khusus membahasa hakekat ilmu ditinjau dari segi apa (ontolgi) bagaimana (epistimoligi) dan untuk apa (aksiologi) 
  3.  The liang gie (2010) filsafat ilmu adalah segenap pemikiran refelktif terhapap persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia.
  4. menurut surajiyo(2005)Pengertian Filsafat Ilmu adalah upaya untuk mencari kejelasan mengenai dasar-dasar konsep, sangka wacana dan postulat tentang ilmu serta upaya untuk membuka tabir dasar-dasar keempirisan, kepragmatisan dan kerasionalan. Aspek filsafat ini erat hubungannya dengan hal ihwal yang logis dan epistemologis. Jadi, peran filsafat ilmu disini berganda. Pada sisi pertama, filsafat ilmu mencakup analisis kritis terhadap anggapan dasar, seperti kualitas, kuantitas, ruang, waktu dan hukum. Pada sisi yang lain filsafat ilmu mencakup studi mengenai keyakinan tertentu, seperti keyakinan mengenai dunia 'sana', keyakinan mengenai keserupaan di dalam alam semesta dan keyakinan mengenai kenalaran proses alami.
  5. menurut Robert Ackermann Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah sebuah tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingn terhadap pendapat-pendapat lampau yang telah dibuktikan atau dalam kerangka ukuran-ukuran yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu demikian bukan suatu cabang yang bebas dari praktek ilmiah senyatanya.

     
baca juga artikel defenisi filsafat menurut pendapat pakar

Facebook Comments

0 komentar