-->

Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Pakar Pendidikan - Contoh Teks Eksposisi Lengkap, Baik kali ini admin akan menjelaskan apa dan bagaimana dengan paragraf ekposisis, Sebelumnya perlu kita ketahui Pada dasarnya Paragraf eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang mempunyai tujuan sajian informasi yang mengulastentang sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembacanya. Paragraf eksposisi sendiri bersifat ilmiah atau nonfiksi. Sumber nya sendiri, karangan paragraf eksposisi dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman bertujuan untuk menjabarkan berbagai pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Selain itu teks eksposisi adalah pengetahuan tentang struktur dari teks eksposisi. Sebab, struktur inilah yang bertanggungjawab apakah sebuah teks layak disebut sebagai teks eksposisi. Jangan sampai, contoh karangan yang kita buat bukanlah teks eksposisi. Ketika membaca uraian ini, kami anggap Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang struktur ini. Sehingga, kita akan fokus saja pada proses pembuatan teks eksposisi.


Ada 3 Struktur Dalam Penulisan Teks Eksposisi Sebagai Berikut :

Tesis (pernyataan pendapat)
Adalah gagasan utama ataukah sebuah prediksi menulis tentang salah satu permasalahan yang mencerminkan pada fakta.

Argumentasi
Adalah berbagai penjelasan secara mendalam tentang pernyataan pendapat yang digadang-gadang kebenarannya oleh si penulis dan pengungkapan fakta sebagai penjelasan dari argumen si penulis. Argumen ditandai dengan kalimat berisikan pendapat penulis terhadap permasalahan awal yang kemudian dijabarkan di paparkan menjadi topik pembicaraan.
Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Penegasan ulang pendapat
Adalah salah satu penguat dari pendapat serta argumen yang kembali lagi pada pendapat dengan ditunjang oleh fakta yang dalam bagian argumentasi sebelum penegasan ini. Terdapat pada akhir kalimat eksposisi.


Berikut Beberapa Contoh Paragraf Eksposisi :


Hindari Caleg Pelaku Korupsi


Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah


Manfaat Kegiatan Ekstrakulikuler


Pendidikan Karakter Remaja


Kumpulan Paragraf Eksposisi Lengkap


Demikian Contoh Paragraf Eksposisi Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian.

Facebook Comments

0 komentar