-->

6 Tips Untuk Berhenti Merokok Pada Bulan Puasa Menurut Para Peneliti | Pendapat Pakar

Pendapat Pakar - Memasuki bulan puasa menjadi momentum yang sangat baik bagi para perokok yang ingin berhenti merokok. Efek puasa sepanjang hari membuat aktifitas merokok menjadi berkurang karena para perokok hanya bisa melakukan aktifitas merokok pada malam hari saja. ada beberapa tips menurut peneliti yang dapat menghilangkan kebiasaan merokok dengan memanfaatkan bulan puasa sebagai terapinya, nah berikut tipsnya :

6 Tips Untuk Berhenti Merokok Pada Bulan Puasa Menurut Para Peneliti | Pendapat Pakar
 

1. Buatlah tangan anda sibuk

Buatlah tangan anda sibuk. Telah terbukti bahwa salah satu alasan orang-orang tetap merokok adalah karena kebiasaan merokok mereka terhubungan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka. Buatlah tangan anda memegang apa saja, kecuali rokok, seperti memegang pena, secarik kertas, atau apapun yang dapat mengelabui diri anda, yang digunakan untuk membuat gerakan mekanis merokok (sebuah gerakan yang sama berulang-ulang ketika merokok).

2. Hindari godaan merokok setelah makan


Kebanyakan perokok cenderung untuk merokok segera setelah makan. Berdiri segera dari meja anda setelah makan untuk sikat gigi atau berjalan-jalan. Cobalah untuk tidak masuk ke dalam godaan merokok.

3. Jangan jatuh ke dalam “perangkap satu batang rokok”


Cobalah untuk menahan godaan untuk merokok “hanya satu batang”. Hal ini untuk memastikan bahwa sekali anda merokok satu batang saja maka anda akan merusak usaha anda untuk berhenti merokok, karena rokok berikutnya akan segera mengikuti.

Jika anda jatuh dalam perangkap, jangan menghukum diri anda terlalu keras. Cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi dan selalu ada dalam pikiran anda bahwa ini hanya kesalahan langkah sementara dalam upaya anda untuk berhenti merokok selamanya.

4. Coba gunakan pengganti nikotin


Jika anda merasa bahwa kurangnya nikotin menciptakan gangguan, atau jika dalam beberapa hari pertama anda tidak berhasil berhenti merokok, cobalah gunakan pengganti nikotin, seperti permen karet nikotin. Ini akan membantu anda untuk menyingkirkan kebiasaan mencari rokok dan pada akhirnya akan membantu anda untuk berhenti merokok.

5. Cobalah akupunktur


Akupunktur adalah metode alami pengobatan ketergantungan nikotin, tanpa rasa sakit dan aman. Dengan satu sampai lima kunjungan akan mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, kecemasan, ketegangan, depresi, dan perasaan kosong yang disebabkan oleh penggunaan obat jangka panjang seperti nikotin. Survei juga menunjukkan bahwa akupunktur meningkatkan vitalitas dan kesuburan serta membantu otak untuk berpikir jernih.

6. Beri penghargaan untuk diri sendiri atas upaya keras anda


Hadiahi diri anda sendiri untuk setiap hari tanpa rokok. Sebuah ide yang baik ke arah ini adalah dengan menggunakan uang tabungan karena tidak merokok untuk membeli sesuatu atau pergi berjalan-jalan.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi membantu pakarnis sekalian yang ingin betul-betul berhenti merokok dengan memanfaatkan momen bulan puasa.
Facebook Comments

0 komentar