-->

Menteri Pendidikan : Kepala Sekolah dan Guru Dilarangan Merokok Di Lingkungan Sekolah | Pendapat Pakar

Pendapat Pakar - Menteri Pendidikan : Kepala Sekolah dan Guru Dilarangan Merokok Di Lingkungan Sekolah, Mendikbud Prof.Dr.Anies Baswedan dengan tegas melarang kepala sekolah atau guru untuk merokok dilingkungan sekolah. larangan ini disertai dengan ancaman bagik guru-guru yang tetap melanggar aturan ini akan diberi sangsi berupa pemecatan dan mutasi.

Menteri Pendidikan : Kepala Sekolah dan Guru Dilarangan Merokok Di Lingkungan Sekolah | Pendapat Pakar


Anies mengatakan, larangan ini telah termaktub dalam Permendikbud Nomor 64 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok disekolah. oleh sebab itu, ia pun memberikan peringatan kepada seluruh perangkat sekolah agar tidak ada lagi aktivitas merokok dalam lingkungan sekolah.

Guru, kepala sekolah tidak boleh merokok di lingkungan sekolah. Selain itu, tidak boleh ada aktivitas-aktivitas yang memiliki nuansa rokok," tegas Anies di Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Larangan tersebut, kata Anies sebagai upaya pencegahan dalam hal kesehatan maupun kriminal. Sebab, rokok dinilai berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dan jadi pintu gerbang masuknya bahaya narkoba.

Bekas Rektor Univesitas Paramadina itu mengatakan, larangan juga berlaku bagi para siswa. Namun, jika ada siswa yang tertangkap tangan merokok tidak perlu diberikan sanksi seperti diberhentikan dari sekolah.

Hal tersebut lantaran siswa perlu dibina dan pendidikan merupakan hak dasar bagi anak-anak. "Jadi, kalau sekolah menemukan anak merokok, panggil orang tuanya, bicarakan baik-baik. Jangan diisolasi, jangan dipermalukan, dan tidak boleh dikeluarkan," tegas dia.

Untuk diketahui, Pasal 5 Permendikbud nomor 64 tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Sekolah tercantum soal larangan merokok. Pasal tersebut berbunyi: Kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan pihak lain dilarang merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan rokok di lingkungan sekolah.

Demikian artikel ini dan bisa menjadi peringatan buat kita semua...

Sumber : metronews.com
Facebook Comments

0 komentar