-->

Inilah Ukuran Sebenarnya Pluto || Astronomi

Pendapat Pakar, Inilah Ukuran Sebenarnya Pluto - Selamat Pagi Pakarnis sekalian kali ini admin akan mengulas salah satu misteri dari sistem tata surya kita dimana setelah dikeluarkan dari daftar nama-nama planet, kini pluto telah pula diketahui ukuran dari planet yang dulu dikenal sebagai planet terakhir. nah Harinya telah tiba! Kurang dari 9 jam lagi dan New Horizons akan tiba di Pluto! Perjalanan panjang itu akan segera berakhir atau lebih tepatnya akan segera dimulai untuk memperoleh lebih banyak cerita tentang planet kerdil dan satelit-satelitnya pada jarak terdekat yang pernah bisa dicapai!

Inilah Ukuran Sebenarnya Pluto || Astronomi
PLUTO


Bahkan seperti yang kita ketahui, sebelum tiba pun New Horizons sudah menyajikan foto-foto indah dan penuh misteri dari Pluto dan Charon. Cerita yang selama ini tak pernah kita ketahui akhirnya terungkap lewat foto-foto New Horizons. Dunia es nan beku itu ternyata memiliki aktivitas geologi.

Nah… sehari sebelum New Horizons tiba, seperti biasa foto terbaru dari Pluto dan Charon dikirimkan ke Bumi. Tak hanya itu, dari data awal yang sudah dikirim New Horizons, para astronom yang bekerja di misi New Horizons menjawab pertanyaan paling mendasar tentang Pluto yang sekaligus menjadi perdebatan semenjak obyek trans neptunus ini ditemukan.

Apa itu? Tak lain tak bukan ukuran Pluto!

Selama ini para astronom menemukan kesulitan untuk bisa mengetahui dengan pasti ukuran Pluto karena faktor atmosfer. Berbeda dengan Charon yang tidak memiliki atmosfer sehingga lebih mudah diketahui ukurannya dengan teleskop landas Bumi. Hasil pengamatan New Horizons juga mengkonfirmasi ulang diameter Charon yakni 1.208 kilometer.

Dari foto Pluto yang dikirim oleh New Horizons menjadi petunjuk penting yang mereduksi ketidakpastian diameter Pluto. Hasil perhitungan dari data New Horizons memberikan hasil radius Pluto adalah 1.185 ± 10 kilometer, dan diameternya 2.370 ± 20 kilometer.

Dengan demikian, Pluto kembali menempati “posisi” sebagai obyek terbesar diantara obyek-obyek serupa di Sabuk Kuiper. Perubahan atau tepatnya informasi diameter Pluto sekaligus menggeser Eris yang sejak ditemukan di tahun 2003 menempati posisi obyek terbesar di Sabuk Kuiper menggantikan Pluto

demikian artikel ini semoga bisa menambah wasana keilmuan pakarnis sekalian tentang dunia astronomi fisika.
Facebook Comments

0 komentar