-->

Bulan Maret Sebuah Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi || Astronomi

Pendapat Pakar, Bulan Maret Sebuah Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi - Selamat Pagi pakarnis sekalian kali ini admin akan mengulas sebuah fenomena angkasa kita. dimana tepat bulan depan  lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) memantau bahwa akan ada sebuah asteroid dengan ukuran 100 kaki (30 Meter) akan melintas dekat dari bumi yang kita cintai ini.

Bulan Maret Sebuah Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi || Astronomi

menurut perkiraan dari NASA bahwa asteroid ini tidak akan berbenturan dengan bumi sehingga tidak akan terjadi sesuatu yang membahayakan terhadap bumi. menurut para ilmuwan NASA yang berada pada Jet Propulsion Laboratory di Pesadena, California. Asteroid ini pertama kali terlihat pada tahun 2013, terbang sedekat 11.000 mil dari bumi pada 5 maret 2013 lalu.

Jarak asteroid bertemu dengan Bumi kira-kira 1/20 jarak dari Bumi ke bulan, dan mencapai jarak terjauh seperti separuh jarak Bumi dengan satelit komunikasi yang mengelilingi planet ini. Tetapi, mengingat ketidakpastian tepatnya jalan dari asteroid yang dikenal sebagai 2013 TX68,  dapat pula berakhir sejauh 9 juta mil (14 juta km) dari Bumi.Asteroid itu terlihat selama tiga hari kali terakhir melintasi Bumi pada tahun 2013 sebelum langit menjelang siang hari, setelah itu ia tidak dapat dilacak lagi.

NASA mengatakan ada satu dari 250 juta kemungkinan perlintasan asteroid ini berikutnya pada 28 September, 2017, meskipun observasi masa depan cenderung mengurangi probabilitas lebih jauh.

013 TX68  memiliki ukuran sekitar dua kali ukuran salah satu asteroid yang pernah meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, pada tahun 2013. Ledakan itu menghancurkan kaca dan bangunan, menyebabkan  lebih dari 1.000 orang terluka. Jika sebuah asteroid berukuran seperti 2013 TX68 masuk ke atmosfer bumi dan meledak, NASA memperkirakan ledakannya akan menjadi sekitar dua kali lebih kuat dari ledakan Chelyabinsk.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan khasanah keilmuan pakarnis sekalian dalam memahami astronomi kita.


Facebook Comments

0 komentar