-->

5 Penelitian Termahal Didunia, Salah Satunya Mengalahkan APBN Indonesia || Penelitian

Pendapa Pakar, Mendengar kata penelitian tentunya kita akan berpikir apa yang menjadi hasil dari penelitian itu, namun dibalik sebuah peneltian yang pernah dilakukan didunia ini, ada beberapa penelitian yang ternyata menggunakan dana melebihi dari APBN Indonesia Pada Tahun 2015 sebesar 2000 Trilluan Rupiah.

5 Penelitian Termahal Didunia, Salah Satunya Mengalahkan APBN Indonesia || Penelitian
IBM


Peneltian yang dilakukan ini tentunya dilakukan oleh negara-negara besar dan maju seperti amerika serikat dan lainnya. Berikut adalah 5 penelitian paling mahal didunia berikut ulasanya.

1.Watson

Watson diciptakan oleh produsen komputer terbesar di dunia, yaitu IBM.Watson ini adalah sebuah komputer super berbekal kecerdasan.Menurut IBM, Watson ini bisa mendiagnosa penyakit yang diderita manusia.

Total dana untuk penelitian komputer super berbekal kecerdasan ini sekitar Rp 23 trilliun lebih.Dan watson ini dijual dipasar dengan harga Rp 39 milliar.

2. Konduktor raksasa supercolider

Super colider adalah bangunan raksasa yang dipakai untuk menembakkan partikel dengan kecepatan super tinggi agar terpecah ke bagian terkecil, lebih kecil dari atom.

Penilitian ini digunakan untuk menemukan partikel tuhan atau Higgs Boson.Dana yang dikeluarkan untuk penelitian ini sekitar Rp 26 trilliun.Sayangnya, penilitian yang dilakukan di Texas, amerika serikat ini telah dihentikan karena dirasa terlalu mahal dan belum bisa menemukan partikel tuhan.

3. Curiosity

Penilitian memang memakan banyak dana, terlebih lagi penelitian pada planet mars.Untuk menjelajah sekaligus meneliti planet mars dibutuhkan sebuah robot, dan robot tersebut adalah bernama "Curiosity".

Untuk mengembangkan dan meneliti robot penjelajah planet mars tersebut memakan dana sekitar Rp 32,5 trilliun.Robot penjelajah planet mars ini berhasil mendarat di planet mars pada tahun 2012 silam.

4. Sakit Kanker

Penilitian Sakit kanker ini telah memakan dana di dunia dan jika dijumlahkan dana seluruhnya bertotalkan Rp 63,5 trilliun.Menurut National Cancer Institute, uang sebanyak itu dipakai untuk meneliti obat dan penanganan semua jenis kanker.

5. Large hardon colider

Penilitian ini sama seperti halnya penilitian pada point nomor 2 di artikel ini.Tidak seperti nasib amerika serikat, penilitian ini telah berhasil dibangun oleh manusia.Tujuannya masih tetap sama, yaitu menemukan partikel awal yang ada di setiap benda atau partikel tuhan.

Dengan adanya penilitian ini, para ilmuwan berharap agar bisa mengetahui asal usul terbentuknya alam semesta lewat fenomena "Big Bang" berbekal pengetahuan tentang partikel tuhan.Large hardon colider ini berbentuk seperti cincin magnet dengan keliling 27 kilometer dan terletak di Swiss.

Dana yang dikeluarkan untuk penelitian large hardon colider ini sekitar Rp 129 trilliun.

Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian. serta dan pula menjadi pemacu semangat kita untuk menghasilkan penelitian-penelitian luar biasa lainya.

Facebook Comments

0 komentar