-->

Tips Aman Menjaga Tekanan Ban Motor Anda

Tips Aman Menjaga Tekanan Ban Motor Anda - Beberapa dari pakarnis sekalian yang sering menggunakan kendaraan motor mungkin biasanya kurang teliti dalam melihat tekanan angin ban motornya. malah ada beberapa yang menganggap ini adalah hal yang biasa saja. padahal ban menjadi salah satu bagian vital di motor yang berhubungan langsung dengan keselamatan serta kenyamanan anda dalam berkendara.

Tips Aman Menjaga Tekanan Ban Motor Anda


untuk keselamatan dan kenyemanaan pakarnis sekalian dalam berkendara, perikasa tekanan angin secara teratur. jangan sampai kurang atau berlebihan. Ban michelin misalnya memiliki standar agin agar tetap awet. tekanan dengan beban rata-rata adalah 28-30 psi (ban depan) dan ban belakang 30-32 psi (ban belakang).

tekanan angin yang melampaui batas normal juga tidak dianjurkan. Banyak yang beranggapan bahwa tekanan angin ban berlebih akan membuat motor ringan saat berjalan. Anggapan itu keliru, karena sangat berbahaya bagi riders saat memasuki tikungan.Pasalnya ban dengan tekanan anginnya melampui batas normal membuat permukaan ban tidak menyentuh aspal secara maksimal. Mengurangi cengkaraman ban saat melaju kencang. Selain itu, ban akan cepat habis dibagian tengah Saat pengecekan tekanan angin ban lebih baik saat kondisi motor/ban sudah dingin atau pagi hari sebelum jalan. Karena udara mempunyai sifat memuai dalam kondisi panas.

nah admin juga memberi saran buat pakarnis juga ingin melihat ban motor anda lebih awet maka gunakan Nitrogen sebagai untuk ban motor anda. Kelebihan Nitrogen (N2) antara lain menjaga kenyaman, keamanan dan keawaten ban.Faktanya memang begitu, karena molekul nitrogen lebih padat dari udara biasa sehingga tidak bisa menembus pori-pori ban. Nitrogen juga tahan pada suhu tinggi, tekanan agin jadi awet. Ban pun jadi tahan lama. 

Kadungan air pada  nitrogen lebih rendah dari oksigen. Makanya sering dipromosinya bikin pelek tidak mudah berkarat. Untuk mengisi nitrogen (pertama kali), buang terlebih dahulu angin  sampai habis. Hal ini untuk mencegah molekul gas yang terdiri dari berbagai unsur bercampur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur udara biasa, menyebabkan tekanan ban kurang stabil. Tekanan nitrogen pada ban 28 – 31psi depan dan belakang -30 - 33 Psi atau sesuai anjuran merek ban dan kondisi penggunaan sehari-hari

demikian artikel ini semoga bermanfaat buat pakarnis sekalian. jaga kesalamatan anda dalam berkendara.. selamat pagi jangan lupa dishare...
Facebook Comments

0 komentar