-->

Penyebab Ledakan Dapat Membunuh Kita || Pendapat Pakar

Pakar fisikaPenyebab Ledakan Dapat Membunuh Kita - Ketika menonton film laga, seringkali kita disuguhkan adegan di mana tokoh utama berjalan dengan gagah menjauhi ledakan. Saat itu, tokoh utama terlihat amat mengagumkan, wajahnya tampak kotor, dengan sedikit darah dari luka kecil yang mengalir di pelipis, tapi itu justru menambah pesonanya setelah meledakkan dan mengalahkan musuhnya. Tapi tentu saja itu cuma film. 

Penyebab Ledakan Dapat Membunuh Kita || Pendapat Pakar


ketika terjadi ledakan, pada dasarnya terdapat energi yang lepas dan memancar ke segala penjuru sekaligus pada kecepatan antara 3 sampai 9 km/detik. ketika bidang energi ini mengembang, dia akan menekan dan mempercepat molekul udara disekitarnya menjadi gelombang ledakan supersonik.Tekanan berlebihan ini hanya ada dalam beberapa milidetik, akan tetapi itulah penyebab utama cedera ledakan dan kerusakan bangunan. Semakin dekat seseorang dengan sumber ledakan, tekanan yang ia terima semakin besar.

Kekuatan awal gelombang ledakan segera diikuti oleh gelombang kejut kecepatan tinggi yang memberi energi ke benda apa pun yang mereka lewati, baik itu dinding beton atau organ vital seseorang. Ketika gelombak ledakan melewati suatu daerah, secara harfiah ia  tidak meninggalkan apa pun di belakangnya, membuat tempat itu vakum sempurna. Jadi, sepersekian detik setelah mendapat tekanan yang luar biasa, tubuh manusia akan mengalami kondisi berlawanan (penurunan tekanan) yang sama besarnya.

Namun efekm ledakan yang timbul bukan hanya sampai disitu saja. udara dengan cepat mengisi kevakuman yang ditinggalkan gelombang ledakan, menarik puing-puing dan objek kembali. angin ledakan ini cukup kuat untuk melemparkan tubuh manusia beberapa meter jauhnya.namun bukan angin itu sendiri yang melukai manusia melainkan barotrouma. barotrouma adalah kerusakan jaringan yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara didalam rongga udara fisiologis dalam tubuh dengan tekanan disekitarnya.

Barotrauma menyebabkan kekacauan di organ dalam tubuh manusia, terutama organ berisi udara seperti paru-paru, telinga dan perut, serta di sendi dan ligamen di mana jaringan dengan kepadatan berbeda bertemu. Kondisi ini sering menyebabkan pendarahan dan mungkin bahkan mengakibatkan pecahnya organ. Paru-paru terutama rentan terhadap resiko pendarahan serta endema (pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan).

Otak tidak jauh lebih baik. Dokter militer yang mempelajari efek barotrauma pada tentara Amerika Serikat, menganalogikan efek ledakan pada tubuh manusia dengan tindakan meremas tabung pasta gigi. Darah dan cairan-cairan tubuh akan dipaksa menuju otak dan tengkorak, sehingga mengakibatkan endema.

Jadi, jika anda pernah terjebak dalam sebuah peristiwa ledakan, jangan coba-coba berlagak seperti pemain film yang menjauhi ledakan dengan santai dan gagah. Segeralah tutup telinga anda dan berlarilah ke arah yang berlawanan.

demikian artikel ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan khasanah keilmuan buat pakarnis sekalian ....
Facebook Comments

0 komentar