-->

Pendidikan dalam Arti Luas menurut pakar

baik kali ini admin akan mengulas tentang pendidikan dalam arti luas, seperti kita ketahui bahwa pendidikan menjadi kebutuhan yang ada saat ini dalam menjadi manusia menjadi manusia seuntuhnya, nah berikut ulasan admin



Pendidikan dalam Arti Luas menurut pakar





Pendidikan dalam arti luas merupakan usaha manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung sepanjang hayat.Menurut Handerson, pendidikan merupakan suatu proses pertumbuhan dan perkembangan sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir. Warisan sosial merupakan bagian dari lingkungan masyarakat, merupakan alat bagi manusia untuk mengembangkan manusia yang baik dan intelegen, untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Henderson (1959) mengemukakan bahwa pendidikan pada dasarnya suatu hal yang tidak dapat dielakan oleh manausia, suatu perbuatan yang ‘tidak boleh’ tidak terjadi, karena pendidikan itu membimbing generasi muda untuk mencapai suatu generasi yang terbaik. Andragogi disebut juga sebagai teknologi perlibatan orang dewasa apabila metode dan teknik pembelajaran melibatkan warga belajar. Keterlibatan itu adalah kunci keberhasilan pendidikan dewasa. Untuk itu sumber belajar hendaknya mampu membantu warga belajar untuk:
  1. mengidentifikasikan kebutuhan,
  2. merumuskan tujuan belajar,
  3. ikut bertanggungjawab dalam perencanaan dan penyusunan pengalaman belajar
  4. ikut serta dalam mengevalusi kegiatan belajar.
demikian artikel ini semoga bermanfaat buat seluruh pakarnis dan para praktisi pendidikan dalam mengartikan apa sebenanya itu pendidikan dalam arti luas.
Facebook Comments

0 komentar