-->

Cara menaikan stroke honda supra jadi super kencang

baik kali ini admin akan membagikan tips bagaimana cara naik kan stroke honda supra, motor jenis c 100 memang telah lewat masih aktifnya namun bukan berarti motor jenis ini telah hilang ditelan zaman, nah akan admin bagikan teknik dan tips menaikkan stroke honda supra 

Cara naik stroke honda supra:

  1. Pakai kruk as motor cina/mocin, tips comot kruk as mona ini, alasannya kan mesin mona mirip grand tapi ini yang versi 110 cc, tapi disarankan pakai blok selinder dan rantai keteng Legenda atau Supra Fit yang lebih tinggi tujuannya supaya tidak pasang paking aluminium tebal pengganjal di crankcase atau dipantat blok silinder. Kruk as ini mempunyai langkah 55 mm atau naik 5,5 mm dari standar supra yang mempunyai langkah 49,5 mm. Meski tidak terlacak produsennya tapi barang buatan Cina ini kurang lebih serupa dengan yang dipasang pada bebek mocin merek Zongshen, jialing 110 dan Kanzen 110 cc yang basis mesinnya mencontek Honda Nice 110 dari Thailand, dan terbukti laher kruk as mona ini sama dengan bawaan grand yaitu 6304 alhasil bisa masuk tanpa kendala ke crankcase grand termasuk poros dudukan magnet dan gigi primer pun sama. Yang jadi masalah justru di batang penggerak pompa oli mentok lingkar kruk as mona, dan solusinya kruk as mona tersebut harus dikecilin 3 mm agar tidak bergesekan lagi.
  2. Tips kedua pakai kruk as Juviter-Z. Mengaplikasi kruk as Yamaha Jupiter-Z yang mempunyai stroke 54 mm di mesin supra solusinya harus pula mengganti crankcase kanan punya bebek Zongshen atau Jialing yang punya pompa oli di sisi kanan. Jadi batang pompa oli bawaan Grand yang melintang kini digusur unit pompa oli yang menyatu di crankcase kanan.
Langkah ini tak perlu ubahan susah, pertama tebal kruk as Jupiter-Z kanan kiri dijadiin 50 mm dari 
52 mm dan diameter luar dibubut 5 mm agar muat di crankcase Grand, sekat di belakang laher kruk as harus dihilangkan. Kemudian langkah selanjutnya ganti sepasang laher kruk as grand dengan nomor 6204, kini mengikuti bearing bawaan Jupiter-Z yaitu nomor 6205, selanjutnya fokus ke pasang gigi primer grand yang harus dibikin bos adaptor agar klop dengan poros kruk as kanan jupiter-z. Berikutnya lubang spi di poros kruk as kiri dibikin ulang dengan mencari titik top sesuai bawaan Grand. Supaya tidak getar di rpm atas, pasang balancer seberat 700 gram di samping gigi primer.

demikian artikel ini smoga bermanfaat dan bisa membuat motor kita menjadi lebih kencang bro n sis. tapi ingat tetap jaga keselamatan dalam berkendara
Facebook Comments

0 komentar