-->

Pendapat pakar : taksonomi bloom dasar pengembangan pendidikan



Bloom dan Krathwol menunjukkan apa yang dikuasai dalam tiga kawasan, yaitu kawasan kognitif, afektif, dan psikomotor. Taksonomi Bloom telah berhasil memberi inspirasi terhadap banyak pakar  lain untuk megembangkan teori-teori belajar dan pembelajaran. Pada tingkatan yang lebih praktis,taksonomi ini telah banyak membantu praktisi pendidikan untuk merumuskan tujuan-tujuan belajar dalam bahasa yang mudah dipahami, operasional, serta dapat diukur.
Ranah kognitif (Bloom, dkk.) terdiri atas enam jenis perilaku, yang meliputi: (a) pengetahuan: ingatan, (b) pemahaman: menangkap makna hal yang dipelajari, (c) penerapan: kemampuan menerapkan metode dan kaidah untuk menghadapi masalah nyata,(d) analisis: kemampuan merinci suatu ke satuan ke dalam bagian-bagian, (e) sintesis: kemampuan membentuk suatu pola baru, dan (f) evaluasi: kemampuan membentuk pendapat tentang suatu hal.
Ranah afektif (Krathwohl &Bloom) terdiri atas lima perilaku,   yang mencakup: (a) penerimaan: ketersediaan memperhatikan suatu hal, (b) partisipasi:  kesediaan berpartisipasi dalam suatu kegiatan, (c) penilaian dan penentuan sikap: menghargai  suatu  nilai  dan   menentukan   sikap,   (d)  oraganisasi:  kemampuan membatuk suatu sistem  nilai sebagai pedoman hidup, dan  (e) pembentukan pola hidup:  kemampuan  menghayati  nilai  dan  membentuknya   menjadi  pola   nilai kehidupan pribadi.
Ranah psikomotor dilengkapi dari pendapat Simpson (Dimyati,1999), yang terdiri atas: (a) persepsi: kemampuan memilah hal-hal secara khas, (b) kesiapan: kemampuan menempatkan diri dalam rangkaian gerakan, (c) gerakan terbimbing: kemampuan melakukan gerakan sesuai contoh, (d) gerakan yang terbiasa: kemampuan melakukan gerakan tanpa contoh, (e) gerakan kompleks: kemampuan melakukan gerakan yang terdiri atas banyak tahap,(f) penyesuaian pola gerakan: kemampuan mengadakan perubahan pola gerak dengan persyaratan khusus, dan (g) kreativitas kemampuan melahirkan pola gerak yang baru.
Facebook Comments

0 komentar