Pendidikan berlandaskan Psikologi
Dalam bagian ini
dikemukakan konsep pokok dari berbagai aliran psikologi yang melandasi
pengembangan konsep, prinsip dan teori ilmu pendidikan, antara lain sebagai
berikut :
a. Psikologi
Humanistik dalam pendidikan
Psikologi humanistik
memilik pandangan yang menghargai pemahaman pengalaman subjektif individu dan
mementingkan aspek pertumbuhan dan perkembangan pribadi untuk mencapai kesejahteraan
psikologis
b. Psikologi
Eksistensial dalam pendidikan
Psikologi eksistensial
merupakan suatu pendekatan psikologis yang dimaksud untuk membantu individu
memahami, menghadapi dan mampu menangani masalah eksistensinya. Pada hakekatnya
manusia selalu berjuang untuk mendapatkan makna hidup dalam dirinya.
c. Psikonalis
dalam pendidikan
Bahasan mengenai
psikonalis dipusatkan pada dua tokoh utama yaitu Freud dan Erikson. Menurut
freud konsep hakekat manusia secara determanistik, ini berarti bahwa sebagian besar
perilaku manusia didasarkan atas pemuasan dorongan atau kebutuhan biologis
sedangkan menurut erikson bahwa lingkungan sosial berkombinasi dengan
kedewasaan biologis dan memberikan seperangkat krisis bagi setiap individu yang
harus dipecahkanya hasil pemechaannya apakah itu positif atau negatif,
dibahwanya kekrisis berikutnya dan memberikan dasar bagi cara pemecahan krisis
tersebut.
2. Landasan
Psikologis bagi praksis Pendidikan
Landasan psikologis
atau kontribusi psikologi bagi praksis pendidikan, terutama berkaitan dengan
pembelajaran dan perkembangan manusia serta dalam bidang penelitian pendidikan.
Psikologis memberikan landasan dan kontribusi yang signifikan dalam memahami
perkembangan peserta didik baik secara individu maupun secara kelompok, dan memehami
serta menerapkan gagasan pokok dari berbagai teori. Beberapa teori yang penting
dan sangat berperan dalam memahami perkembangan peserta didik dan proses
pembelajaran itu antara lain sebagai berikut :
a. Teori
Kognitif dari Piaget
b. Teori
sosiokultural dari Vygotsky
c. Operant
Kondisioning dari Skinner
d. Intelgeni
jamak dari gardner
e. Perkembangan
moral daro kohlberg
f. Konstruktisvisme
