-->

Penyebab Utama Rantai Kecil Rusak || Kendor || Pendapat Pakar

Penyebab Utama Rantai Kecil Rusak Atau Kendor - Baik kali ini admin akan membagikan tips kepada para pakarnis sekalian mengenai penyebab rusaknya rantai kecil atau istilah kerennya rantai keten. dimana jika bermasalah bisa membuat motor menjadi sangat bermasalah nah berikut penjelasannya buat pakarnis sekalian :
 
Penyebab Utama Rantai Kecil Rusak || Kendor || Pendapat Pakar


1. Rantai keteng adalah rantai yang menerima putaran dari crankshaft untuk kemudian putaran tadi digunakan untuk menggerakkan camshaft di bagian head silinder. Camshaft sendiri mengatur buka tutup dari klep-klep yang mengatur gas masuk dan gas buang dari ruang bakar. Mengapa bisa rusak? sama halnya pada rantai sproket, rantai keteng juga bisa mulur karena berbagai faktor (contoh: suhu tinggi, putaran mesin yang tinggi, umur material, dan lain-lain).


2. Efek dari mulurnya rantai keteng akan menyebabkan putaran dari crankshaft tidak disalurkan dengan baik ke camshaft. Sehingga buka dan tutup klep bisa-bisa tidak akurat. Pada tahap pembiaran ekstrim, rantai keteng bisa loss atau copot dan sangat berbahaya dampaknya bagi mesin, karena rantai tadi bisa berhamburan di daerah gearbox dan head silinder sehingga mengenai part-part yang sedang bekerja pada putaran yang umumnya tinggi. (bisa pecah semua tuh nanti part-part dalemannya) Saran ane gan: jangan langsung mengiyakan saran mekanik biarpun bengkel standar. Sama dengan orang yang ditangani dokter, 1 dokter dengan yang lain bisa berbeda diagnosisnya. Jadi coba bawa (ga usah servis gapapa) untuk dikonsultasikan motornya ke beberapa bengkel (usahakan bengkel yang berpengalaman) karena kalo sudah mahir sebenarnya kondisi rantai keteng sudah bisa terdiagnosa jelas dari suara gemericik di mesinnya. Dan jangan lupa tanyakan, apakah kondisi tensioner (pemberi tegangan di rantai keteng) sudah perlu diganti juga/tidak. Karena bisa saja justru rantai keteng tidak apa2 tetapi tensionernya yang sudah lemah sehingga tegangan rantai keteng tidak sempurna (namun hal ini jarang terjadi, karena biasanya rantai keteng lebih cepat rusak dari pada tensionernya). Kalo ternyata 2 2 nya yang perlu diganti, saya sarankan ganti 2 2 nya dengan part asli / genuine (jangan mau ditawati abal2 biarpun berembel racing, dsm).

Demikian artikel ini semoga bermafaat dan jangan lupa dishare yah..
  
Facebook Comments

0 komentar