Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa | Pendapat Pakar
Pendapat Pakar - Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa, Selamat Pagi pakarnis sekalian kali ini admin akan mengulas persoalan psikologi pendidikan. Dimana untuk mencari sebuah skor yang terstandarisasi, skor tersebut diperoleh dengan membandingkan
performa seorang siswa dengan performa siswa-siswa diberbagai tingkat kelas
atau tingkat usia, perbandingan ini memberi kita skor persentil atau skor
standar. nah berikut perbedaan antara sebuah skor acuan norma, skor acuan kriteria, skor mentah, peringkat persentil dan skor setara kelas atau usia. Selain itu juga dibahas metode untuk menentukan skor, kegunaan dan kelemhan dari Jenis skor tersebut berikut pembahasannya :
Jenis
skor
|
Metode
untuk menentukan skor
|
Kegunaan
|
Kelemahan
Potensial
|
Skor
mentah
|
Menghitung
angka (atau menghitung persentase) jawaban yang benar atau poin yang
diperoleh
|
Sering
digunakan dalam instrumen asesmen yang dikembangkan oleh guru
|
Skor
mungkin sulit diintrepetasikan tanpa pengetahuan tentang bagaimana performa
berkaitan dengan kriteria atau kelompok norma tertentu
|
Skor
Acuan Kriteria
|
Membandingkan
performa dengan satu atau beberapa kriteria atau standar keberhasilan
|
Berguna
ketika menentukan apakah sasaran pengajaran atau standar tertentu telah
tercapai
|
Kriteria
konkret untuk menilai penguasaan keterampilan yang kompleks kadang sulit
diidentifikasi
|
Skor
setara kelas atau usia (acuan norma)
|
Menyamakan
performa seorang siswa dengan rata-rata performa para siswa dikelas atau
tingkat usia tertentu
|
Berguna
ketika menjelaskan performa tes acuan norma kepada orang-orang yang tidak
akrab dengan skor standar
|
Skor
sering salah ditafsirkan (khususnya oleh orang tua), mungkin digunakan secara
salah sebagai standar yang harus dipenuhi oleh semua siswa, dan sering tidak
dapat diterapkan ketika prestasi dinilai pada masa remaja atau masa dewasa
|
Peringkat
persentil
|
Menentukan
presentase siswa ditingkat usia atau kelas yang sama yang memperoleh skor
sama atau lebih rendah
|
Berguna
ketika menjelaskan performa tes acuan norma kepada orang-orang yang tidak
akrab dengan skor standar
|
Skor
mengestimasi terlalu berlebihan perbedaan di dekat rata-rata dan meremahkan
perbedaan dikedua ujung.
|
Skor
standar (acuan norma)
|
Menentukan
seberapa jauh performa dari rata-rata (untuk tingkat usia atau kelas) dalam
kerangka unit deviasi standar
|
Berguna
ketika menjelaskan posisi seorang siswa dalam kelompok norma
|
Skor
tidak muda dipahami oleh orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan dasar
tentang statistik
|
Demikian artikel tentang Perbedaan Jenis Skor, Metode Untuk Menentukan Skor, Kelemahan Serta Kegunaan Skor Dalam Menentukan Nilai Akhir Siswa semoga bermanfaat