Cara membuat karburator Vakum menjadi Kontan
baik kali ini admin akan membagikan tips atau cara membuat karburator vakum menjadi karburator kontan sekiranya ini artikel ini bisa menjadi cara dasar buat pakarnis yang ingin mencoba. berikut ulasannya :
Perbesar Lubang Main Air Jet
Main
air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya
berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas
seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk
membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata
bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias
needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga
tembus ke ruang nosel tadi.
(Coba perhatikan skema 1)
Memperbesar
lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main
air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar +
udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang
main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar.
Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung
lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak
terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar. (Coba
perhatikan skema 2)
2 Seting Spuyer
Setelah
lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air
jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan
bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet
dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraanya Pilot jet turun
satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet
bisa naik banyak, semisal dari 120, naikkan hingga sekitar 150, Untuk
kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naikkan
hingga warna busi muncul kecoklatan.
demikian artikel ini semoga bisa menjadi bahan ajar dan bisa menjadi pertimbangan buat seluruh pakarnis
demikian artikel ini semoga bisa menjadi bahan ajar dan bisa menjadi pertimbangan buat seluruh pakarnis