10 Pendapat pakar tentang evaluasi
Evaluasi menurut
beberapa ahli sebagai berikut :
1. Menurut
(purwanto, 2008 : 4) evaluasi adalah pengambilan keputusan berdasarkan hasil
pengukuran dan standar kriteria. Pengukuran dan evaluasi merupakan dua kegiatan
yang berkesinambungan. Evaluasi dilakukan setelah dilakukan pengukuran dan
keputusan evaluasi dilakukan berdasarkan hasil pengukuran. Pengambilan
keputusan dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran dengan kriteria yang
ditetapkan.
2. Menurut
(Djaali, 2004 :1) evaluasi dapat diartikan sebagai proses menilai sesuatu
berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan yang selanjutnya diikuti
dengan pengambilan keputusan atas objek yang dievaluasi dan langkah-langkah apa
saja yang ditempuh selanjutnya. Hasil dari evaluasi bersifat kualitatif.
3. Menurut
(Sukardi, 2014 :1) evaluasi memiliki makna atau arti yang luas evaluasi dapat
diartikan khusus berkaitan dengan evaluasi pendiidkan yang didalamnya mencakup
evaluasi program yang digunakan untuk melakukan penilaian baik bagi seorang
pengelola program atau proyek maupun instruktur yang mengelola materi
pembelajaran atau bahan ajar yang sudah diberikan kepada peserta didik atau
trainer dalam suatu lembaga pendidikan.
4. Menurut
(Slameto, 2001 : 6) evaluasi merupakan suatu kegiatan yang direncanakan dengan
cermat. Kegiatan yang dimaksud merupakan bagian integral dari pendidikan,
sehingga arah dan tujuan evaluasi harus sejalan dengan tujuan pendidikan. Dapat
diartikan pula evaluasi merupakan suatu tes maka evaluasi dilaksanakan
sepanjang kegiatan program pendidikan dan pengajaran.
5. Menurut
(Zainal, 2012 : 5) evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan
berkelanjutan untuk menentukan kualitas niali dan arti dari sesuatu,
berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan
keputusan,